Sabtu, 23 Februari 2013

Pengertian Dan Kategori Tenaga Kerja


PENGERTIAN TENAGA KERJA

Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan untuk menghasilkan uang barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri maupun orang lain yang ada disekitarnya.

KATEGORI TENAGA KERJA

Menurut pendekatan angkatan kerja (labour force approach) yang diperkenalkan oleh International  Labour Organization(ILO), penduduk suatu negara dibedakan menjadi dua golongan yaitu tenaga kerja dan bukan tenaga kerja
1) Tenaga kerja-manpower (berusia 15 tahun), yang dibedakan menjadi angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.
Angkatan kerja atau abour force adalah tenaga kerja atau penduduk dalam usia kerja yang bekerja, atau mempunyai pekerjaan namun untuk sementara sedang tidak bekerja, dan yang mencari pekerjaan. Angkatan kerja terdiri atas:

a)      Pekerja ialah orang-orang yang mempunyai pekerjaan, mencakup orang yang mempunyai pekerjaan (saat disensus atau di survai) memang sedang bekerja, serta orang yang mempunyai pekerjaan namun untuk sementara waktu kebetulan sedang tidak bekerja. Yang dimaksud orang yang mempunyai pekerjaan namun untuk sementara waktu kebetulan sedang tidak bekerja contohnya petani yang sedang menanti panen atau wanita karir yang cuti melahirkan.
BPS mendefinisikan bekerja adalah melakukan pekerjaan dengan maksud memperoleh upah atau membantu memperoleh pendapatan atau keuntungan dan lamanya bekerja paling sedikit satu jam secara kontinyu dalam seminggu yang lalu (seminggu sebelum sensus/survei),termasuk dalam hal ini pekerja keluarga tanpa upah yang membantu dalam suatu usaha/kegiatan ekonomi.

2) Pengangguran, adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, lengkapnya orang yang tidak  bekerja dan masih atau sedang mencari  pekerjaan. Pengangguran semacam ini oleh BPS disebut  pengangguran terbuka. 
Kelompok bukan angkatan kerja adalah tenaga kerja atau penduduk dalam usia yang tidak  bekerja, tidak mempunyai pekerjaan dan sedang tidak mencari pekerjaan, yakni orang, terdiriatas:
a.       Golongan yang bersekolah adalah mereka yang kegiatannya hanya bersekolah contoh pelajar dan mahasiswa,
b.              Golongan yang mengurus rumah tangga adalah mereka yang mengurus rumah tanggatanpa memperoleh upah contoh ibu-ibu bukan wanita karir.






3)Golongan lain-lain atau penerima pendapatan tapi bukan imbalan langsung atas jasa kerjanya digolongkan menjadi:

a.       .golongan penerima pendapatan, yaitu mereka yang tidak melakukan suatu kegiatanekonomi, tetapi memperoleh pendapatan seperti tunjangan pensiun, bunga atas simpananuang atau sewa atas milik,

b.      golongan mereka yang hidupnya tergantung dari orang lain, misalnya karena lanjut usia(jompo), cacat atau sakit kronis.Ketiga golongan dalam kelompok bukan angkatan kerja ini kecuali mereka yang hidupnyatergantung dari orang lain, sewaktu-waktu dapat menawarkan jasanya untuk bekerja. Olehsebab itu, kelompok ini sering juga dinamakan sebagai Potential Labour Force (PLF).Jadi, tenaga kerja mencakup siapa saja yang dikategorikan sebagai angkatan kerja dan jugamereka yang bukan angkatan kerja, sedangkan angkatan kerja adalah mereka yang bekerjadan yang tidak bekerja (pengangguran).Menurut BPS dengan pendekatan pemanfaatan tenaga kerja menyatakan yang dimaksud penganggur ialah orang yang sama sekali tidak bekerja dan berusaha mencari pekerjaan. Batasanmenganggur tersebut sama dengan batasan menurut endekatan angkatan kerja, yakni menganggur terbuka (open unemployment). Pemilahan penduduk menurut pendekatan ini adalah:
1.      Bekerja penuh, maksudnya tenaga kerja yangbersangkutan termanfaatkan secara cukup atauoptimal.
2.      Setengah menganggur (under-employed) maksudnya berkerja namun tenaganya kurang termanfaatkan diukur dari curahan jam kerja, produktivitas kerja, atau penghasilan yang diperoleh.Kategori setengah menganggur dibedakan menjadi: Kentara danTidak kentara (disguised unemployment)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar