Aritmatika atau aritmetika (dari kata bahasa Yunani αριθμός = angka) atau dulu disebut Ilmu Hitung merupakan cabang tertua (atau pendahulu) matematika yang mempelajari operasi dasar bilangan. Oleh orang awam, kata "aritmatika" sering dianggap sebagai sinonim dari Teori Bilangan, tetapi bidang ini adalah bidang Aritmatika tingkat Lanjut yang berbeda dengan Aritmatika Dasar (http//www.sigmetris.com).
Aritmatika adalah ilmu hitung dasar yang merupakan bagian dari matematika. Operasi dasar aritmatika adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, Walaupun operasi-operasi lain yang lebih canggih (seperti persentase, akar kuadrat, pemangkatan, dan logaritma) kadang juga dimasukkan ke dalam kategori ini. Perhitungan dalam aritmatika dilakukan menurut suatu urutan operasi yang menentukan operasi aritmatika yang mana lebih dulu dilakukan.
1.Penjumlahan (+) adalah salah satu operasi aritmatika dasar. Penjumlahan merupakan penambahan dua bilangan menjadi suatu bilangan yang merupakan Jumlah. Penambahan lebih dari dua bilangan dapat dipandang sebagai operasi Penambahan berulang, prosedur ini dikenal sebagai Penjumlahan Total (summation), yang mencakup juga penambahan dari barisan bilangan tak hingga banyaknya (infinite).
2.Pengurangan (-) adalah lawan dari operasi penjumlahan. Pengurangan mencari ‘perbedaan’ antara dua bilangan A dan B (A-B), hasilnya adalah Selisih dari dua bilangan A dan B tersebut. Bila Selisih bernilai positif maka nilai A lebih besar daripada B, bila Selisih sama dengan nol maka nilai A sama dengan nilai B dan terakhir bila Selisih bernilai negatif maka nilai A lebih kecil daripada nilai B.
3.Perkalian (*) pada intinya adalah penjumlahan yang berulang-ulang. Perkalian dua bilangan menghasilkan Hasil Kali (product), sebagai contoh 4*3 = 4+4+4 = 12.
4.Pembagian (/) adalah lawan dari perkalian. Pembagian dua bilangan A dan B (A/B) akan menghasilkan Hasil Bagi (quotient). Sembarang pembagian dengan bilangan nol (0) tidak didefinisikan. Selanjutnya bila nilai Hasil Bagi lebih dari satu, berarti nilai A lebih besar daripada nilai B, bilai Hasil Bagi sama dengan satu, maka berarti nilai A sama dengan nilai B, dan terakhir bila Hasil Baginya kurang dari satu maka nilai A kurang dari nilai B.
Aritmatika yang dipelajari untuk anak Sekolah Dasar berupa bilangan yang berkisar antara bilangan puluhan, ratusan, dan ribuan. Anak Sekolah Dasar dalam mempelajarinya berdasarkan tingkatan kelas yang ditempuh, untuk kelas 1 Sekolah Dasar hanya berkisar bilangan puluhan, untuk anak kelas 2 sampai bilangan ratusan, dan untuk anak kelas 3 sampai bilangan ribuan.
Melalui belajar mental aritmatika seorang anak akan memperoleh banyak manfaat diantaranya :
1)Meningkatkan kemampuan berhitung lebih cepat diatas rata-rata anak.
2)Kemampuan mencongak lebih cepat dan tepat.
3)Menyeimbangkan penggunaan otak kiri dan kanan serta mengoptimalkannya untuk mencapai tingkat berfikir yang analisis dan logika berfikir yang benar.
4)Terlatihnya daya fikir dan konsentrasi, membantu anak untuk menguasi mata pelajaran yang lainnya.
5)Menumbuhkembangkan imajinasi sehingga kreatifitas anak berkembang.
6)Membiasakan diri dengan angka-angka, membuat anak tidak lagi alergi pada pelajaran eksakta.
Sabtu, 23 Februari 2013
dana kas kecil
Kas kecil adalah uang yang
disediakan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil,
dan tidak ekonomis bila dibayar dengan cek.
Dana kas kecil dipisahkan dari
kas besar dan diserahkan kepada seorang kasir kas kecil, yang akan
mempertanggungjawabkan setiap pengeluaran. Adapun pemengang kas kecil
bisa diserahkan kepada staf yang ada di unit-unit kerja.
Kas kecil ini biasa disimpan di
dalam cash register, dan besarnya jumlah kas kecil berdasarkan kebutuhan atau
pengeluaran yang sifatnya relatif tetap dari masing-masing unit kerja dalam
jangka waktu tertentu.
Pendidikan agama islam
PRILAKU TERPUJI
MENGAHARGAI KARYA ORANG LAIN
Menghargai Karya Orang Lain
Sebagai muslim yang baik, kita tidak
boleh melakukan perbuatan apapun yang sifatnya merendahkan, mengejek dan
menghina orang lain baik dari segi kepribadiannya, karyanya, postur tubuhnya
maupun keadaan sosialnya. Karena penghinaan, celaan, apalagi merendahkan akan
memunculkan perasaan sakit hati dan dendam. Oleh karena itu, setiap individu
muslim hendaknya berusaha sekuat kemampuan untuk menahan dari dari sikap yang
membuat orang lain merasa direndahkan. Manusia yang baik adalah mereka yang
selalu memperhatikan dan memberikan pertolongan kepada orang-orang yang tidak
mampu atau lemah disekitarnya. Inilah ajaran yang telah dijelaskan oleh
Rasulullah SAW.
ﺧﻴﺭﺍﻟﻨﺎﺲ ﻤﻦ ﻳﻨﻔﻊ ﻠﻠﻨﺎ ﺱ (ﺮﻮﺍﻩ ﻤﺗﻔﻕ ﻋﻠﻴﻪ)
Artinya : “Sebaik-baik manusia adalah orang yang selalu memberi manfaat kepada
A. Peduli Terhadap Orang Lain.
Dalam Al Qur’an surat Al Fath ayat 29,
Allah menerangkan kepada kita bahwa Muhammad adalah utusan Allah dan
orang-orang yang bersamanya dan dia adalah keras terhadap orang kafir, tetapi
berkasih sayang bersama mereka. Ayat ini menjelaskan bahwa nabi diutus kepada
semua umat manusia dalam rangka memberi peringatan dan kabar gembira, menerangi
kehidupan manusia yang dulunya berada dalam kebodohan agar mereka tidak lagi
berbuat sewenang-wenang terhadap orang lain.
Sebagai contoh, pada zaman jahiliyah,
kaum Quraisy dianggap penguasa, sedangkan
orang miskin dan lemah dianggap sebagai
budak. Hukum ketika itu bersifat eksklusif
dan melindungi orang-orang tertentu saja
sehingga orang-orang kuat menindas orang-
orang lemah.
Jenis Rapat Kenegaraan
Jenis-jenis
Rapat kenegaraan
·
Rapat paripurna (Rapur) adalah
rapat seluruh anggota yang dipimpin oleh Pimpinan DPR dan merupakan forum
tertinggi dalam melaksanakan tugas dan wewenang DPR.
·
Rapat paripurna luar biasa adalah
rapat paripurna yang diadakan dalam masa reses atas permintaan Presiden dengan
persetujuan Pimpinan DPR, dikehendaki oleh Pimpinan DPR dengan persetujuan
Badan Musyawarah, atau diusulkan oleh sekurang-kurangnya 10 orang Anggota
dengan persetujuan Badan Musyawarah.
·
Rapat kerja adalah rapat antara Komisi,
Gabungan Komisi, Badan Legislasi, Panitia Anggaran, atau Panitia Khusus, dengan
Pemerintah (dalam hal ini Presiden atau Menteri/pimpinan lembaga setingkat
Menteri yang ditunjuk untuk mewakilinya) atas undangan Pimpinan DPR. Rapat ini
dipimpin oleh pimpinan Komisi, pimpinan Rapat Gabungan Komisi, pimpinan Badan
Legislasi, pimpinan Panitia Anggaran atau pimpinan Panitia Khusus.
·
Rapat dengar pendapat adalah
rapat antara Sub komisi, Komisi, beberapa Komisi dalam Rapat Gabungan Komisi,
Badan Legislasi, atau Panitia Khusus dengan pejabat pemerintah yang mewakili
Instansinya, baik atas undangan Pimpinan DPR maupun atas permintaan pejabat
pemerintah yang bersangkutan. Rapat ini dipimpin oleh pimpinan Komisi, pimpinan
Rapat Gabungan Komisi, pimpinan Badan Legislasi, atau pimpinan Panitia Khusus.
·
Rapat dengar pendapat umum adalah
rapat antara Sub Komisi, Komisi, beberapa Komisi dalam Rapat Gabungan Komisi,
Badan Legislasi, atau Panitia Khusus dengan perseorangan, kelompok, organisasi
atau badan swasta, baik atas undangan Pimpinan DPR maupun atas permintaan yang
bersangkutan. Rapat ini dipimpin oleh pimpinan Komisi, pimpinan Rapat Gabungan
Komisi, pimpinan Badan Legislasi, atau pimpinan Panitia Khusus.
·
Rapat fraksi adalah rapat anggota fraksi yang
di pimpin oleh pimpinan fraksi.
·
Rapat konsultasi adalah rapat antara pimpinan DRP
dengan pimpinan fraksi dan pimpinan alat kelengkapan DPR yang di pimpin oleh
pimpinan DPR.
·
Rapat komisi adalah rapat anggota komisi yang
di pimpin oleh pimpinan komisi.
·
Rapat badan legislasi adalah rapat anggota badan
legislasi yang di pimpin oleh pimpinan badan legislasi.
·
Rapat badan anggaran adalah rapat anggota badan
anggaran yang di pimpin oleh pimpinan badan anggaran.
·
Rapat badan urusan rumah tangga(BURT) adalah
rapat anggota BURT yang di pimpin oleh pimpinan BURT.
·
Rapat badan kerjasama antar parlemen (BKSAP)adalah rapat anggota BKSAP yang di pimpin oleh
pimpinan BKSAP.
·
Rapat badan akuntabilitas keuangan Negara (BAKN) adalah rapat anggota BAKN yang
dipimpin oleh pimpinan BAKN.
·
Rapat badan kehormatan adalah rapat anggota badan
kehormatan yang dipimpin oleh pimpinan badan kehormatan.
·
Rapat panitia khusus adalah rapat anggota panitia
khusus yang dipimpin oleh pimpinan panitia khusus.
·
Rapat panitia kerja atau tim adalah rapat anggota panitia
kerja atau tim yang di pimpin oleh pimpinan panitia kerja atau tim.
Peralatan Kantor
1
Peralatan Kantor
Sebuah kantor tak bisa berfungsi dengan baik tanpa
adanya peralatan kantor yang memadai sesuai dengan kebutuhan. Selain fungsi dan
peranan sumber daya manusia, untuk mencapai kelancaran dalam suatu pekerjaan
juga sangat tergantung pada sarana prasarana dan sistem pengelolaan yang
efektif. Memfasilitasikan kantor dengan mesin-mesin modern bertujuan untuk
mencapai produktifitas pekerjaan kantor yang seefisien mungkin secara tenaga,
biaya maupun waktu. Oleh karenanya penggunaan peralatan dan mesin-mesin kantor
yang tepat sangatlah penting dalam sebuah perusahaan.
Istilah-istilah dalam peralatan kantor adalah sebagai
berikut:
1. Perabot kantor (office furniture) Yaitu
benda-benda yang terbuat dari kayu, besi ataupun bahan lainnya, yang dipergunakan
untuk melaksanakan tugas tata usaha dan termasuk perlengkapan kantor tahan
lama.
2. Mesin kantor (office machines) Yaitu segenap
benda yang dipergunakan untuk membantu kelancaran tugas tata usaha seperti
mesin-mesin kantor.
3. Perbekalan kantor (office supplies) Yaitu
benda-benda yang akan habis dalam pemakaian sehari-hari di kantor. Benda-benda
tersebut umumnya dipergunakan untuk keperluan tulis-menulis seperti kertas,
tinta pensil, pulpen dan lain-lain.
4. Hiasan kantor (office ornament) Hiasan
kantor adalah benda-benda kantor yang pada umumnya ditujukan untuk menambah
suasana yang menyenangkan di kantor yang secara tidak langsung mempengaruhi
kinerja di dalam kantor.
Management
A.Manajemen
Manajemen adalah suatu
ilmu atau seni mengenai perencanaan, pengambilan keputusan, pengorganisasian,
pengendalian, dan kepemimpin segala sumber daya yang dimiliki dan digunakan
atau dikelola secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan.
Salah satu bagian yang
sangat penting dari suatu organisasi adalah administrasi. Administrasi terdapat
unsur penataan dan pengelolaan suatu kegiatan untuk mempermudah mencapai
tujuan. Disamping itu, di dalam organisasi ada yang namanya tata usaha. Tata
usaha adalah suatu peraturan yang terdapat dalam suatu proses penyelenggaraan
kerja.
Administrasi merupakan
proses penyelenggaraan organisasi secara menyeluruh, sedangkan tata usaha
sebagai kegiatan pencatatan, penggolongan data, dan tulis-menulis dari proses
tersebut.
tata usaha sifatnya
membantu atau menunjang kelancaran pekerjaan inti organisasi sehingga tata
usaha merupakan unsur administrasi dalam suatu organisasi. Tata usaha menunjang
administrasi sebagai proses kegiatan organisasi sehingga merupakan keseluruhan
proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasioanlitas
tertentu untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama, maka kegiatan
usaha amat diperlukan dalam suatu kantor.
Tata usaha mempunyai
sifat-sifat berikut:
1. Besifat pelayanan, yaitu melayani pelaksanaan pekerjaan operatif untuk mencapai tujuan.
2. Bersifat menyeluruh, yaitu mencakup semua urusan dan keterangan dalam perkantoran.
1. Besifat pelayanan, yaitu melayani pelaksanaan pekerjaan operatif untuk mencapai tujuan.
2. Bersifat menyeluruh, yaitu mencakup semua urusan dan keterangan dalam perkantoran.
Manajemen adalah suatu
ilmu atau seni mengenai perencanaan, pengambilan keputusan, pengorganisasian,
pengendalian, dan kepemimpin segala sumber daya yang dimiliki dan digunakan
atau dikelola secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan.
Salah satu bagian yang
sangat penting dari suatu organisasi adalah administrasi. Administrasi terdapat
unsur penataan dan pengelolaan suatu kegiatan untuk mempermudah mencapai
tujuan. Disamping itu, di dalam organisasi ada yang namanya tata usaha. Tata
usaha adalah suatu peraturan yang terdapat dalam suatu proses penyelenggaraan
kerja.
Administrasi merupakan
proses penyelenggaraan organisasi secara menyeluruh, sedangkan tata usaha
sebagai kegiatan pencatatan, penggolongan data, dan tulis-menulis dari proses
tersebut.
tata usaha sifatnya
membantu atau menunjang kelancaran pekerjaan inti organisasi sehingga tata
usaha merupakan unsur administrasi dalam suatu organisasi. Tata usaha menunjang
administrasi sebagai proses kegiatan organisasi sehingga merupakan keseluruhan
proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasioanlitas
tertentu untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama, maka kegiatan
usaha amat diperlukan dalam suatu kantor.
Tata usaha mempunyai
sifat-sifat berikut:
1. Besifat pelayanan, yaitu melayani pelaksanaan pekerjaan operatif untuk mencapai tujuan.
2. Bersifat menyeluruh, yaitu mencakup semua urusan dan keterangan dalam perkantoran.
1. Besifat pelayanan, yaitu melayani pelaksanaan pekerjaan operatif untuk mencapai tujuan.
2. Bersifat menyeluruh, yaitu mencakup semua urusan dan keterangan dalam perkantoran.
A. management
Management is a science
or art on planning, decision making, organizing, controlling, and leadership
all resources owned or managed and used effectively and efficiently to achieve
a goal.
One very important part
of an organization is the administration. Administration there are elements of
the arrangement and management of an activity to facilitate reaching goals. In
addition, the organization is no such thing administration. Administration is a
rule contained in a process of the work.
Administration is the
process of the organization, while the administration as recording activity,
classification data, and writing of the process.
clerical help or support
the smooth nature of the work that the organization's core business is an
element of administrative procedures within an organization. Administrative
clerical support as the activities of the organization so it is a whole process
of cooperation between two or more people based on certain rasioanlitas to
achieve mutually agreed objectives, the business activities are necessary in an
office.
Administration has the
following properties:
1. Besifat services,
which serve the implementation of operative work to achieve goals.
2. Comprehensive, which
covers all matters and information in the office.
Pengertian Dan Konsep Pemasaran
PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN◘ Pengertian pemasaranPemasaran dan
produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaan, pada saat ini
kegiatanpemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha,
kadang-kadangistilah pemasaran ini diartikan sama dengan beberapa istilah,
seperti penjualan, perdagangan,dan distribusi.Pemasaran adalah sistem
keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untukmerencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasayang dapat memuaskan
kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.◘ Penciptaan Faedah
bagi konsumenPemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian dan
membantu dalam penciptaannilai ekonomi, sedangkan nilai ekonomi itu sendiri
akan menentukan harga barang dan jasabagi individu-individu, selain pemasaran
kegiatn lain yang dapat menciptakan nilai ekonomiadalah :Produksi yang membuat
barang-barang.Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut.Faedah
(untility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan
kebutuhan.Perusahaan dapat menciptakn lima macam faedah, yakni :Faedah bentuk
(form untility), diciptakan oleh kegiatn produksi.Faedah waktu (time untility),
diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsumenmembutuhkan untuk
membelinya.Faedah tempat (place untility), merupakan faedah yang diciptakan
dengan menyediakanproduk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin
membelinya.Faedah milik (ownership untility), diciptakan dengan mempersiapkan
pemindahan hak milikdari penjual kepada pembelinya.Faedah informasi
(information untility), diciptakan dengan memberikan informasi tentangpenawaran
suatu produk kepada konsumen.◘ Konsep PemasaranKonsep pemasaran (marketing
concept) merupakan falsafah perusahaan yang menyatakanbahwa pemasaran keinginan
pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidupperusahaan, segala kegiatan
perusahaan di bidang produksi, teknik, keuangan dan pemasarandiarahkan pada
usaha untuk mengetahui keinginan pembeli dan kemudian memuaskankeinginan
tersebut dengan mendapatkan laba.Kosep pemasran adalah sebuah falsafah bisnis
yang menyatakan bahwa pemuas kebutuhankonsumen merupakan syarat ekonomi dan
sosisl bagi kelangsungan hidup perusahaan.◘ Pendekatan Studi PemasaranPemasran
dapat dipelajari dengan mengadakan berbagi macam pendekatan, yaitu :Pendekatan
serba fungsi (functional approach)Pendekatan serba lembaga (institutional
approach)Pendekatan serba barang (commodity approach)Pendekatan serba manajemen
(managerial approach)Pendekatan serba sistem (total system approach)
Pengertian Dan Kategori Tenaga Kerja
PENGERTIAN
TENAGA KERJA
Tenaga
kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan untuk menghasilkan
uang barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri maupun orang
lain yang ada disekitarnya.
KATEGORI TENAGA KERJA
Menurut
pendekatan angkatan kerja (labour force
approach) yang diperkenalkan oleh International Labour
Organization(ILO), penduduk suatu negara dibedakan menjadi dua golongan yaitu
tenaga kerja dan bukan tenaga kerja
1) Tenaga
kerja-manpower (berusia 15 tahun), yang dibedakan menjadi angkatan kerja dan
bukan angkatan kerja.
Angkatan
kerja atau abour force adalah tenaga kerja atau penduduk dalam usia kerja
yang bekerja, atau mempunyai pekerjaan namun untuk sementara sedang tidak
bekerja, dan yang mencari pekerjaan. Angkatan kerja terdiri atas:
a)
Pekerja ialah orang-orang yang
mempunyai pekerjaan, mencakup orang yang mempunyai pekerjaan (saat
disensus atau di survai) memang sedang bekerja, serta orang yang mempunyai
pekerjaan namun untuk sementara waktu kebetulan sedang tidak bekerja. Yang dimaksud
orang yang mempunyai pekerjaan namun untuk sementara waktu kebetulan sedang tidak
bekerja contohnya petani yang sedang menanti panen atau wanita karir yang cuti melahirkan.
BPS mendefinisikan bekerja adalah melakukan pekerjaan dengan
maksud memperoleh upah atau membantu memperoleh pendapatan atau keuntungan dan
lamanya bekerja paling sedikit satu jam secara kontinyu dalam seminggu yang
lalu (seminggu sebelum sensus/survei),termasuk dalam hal ini pekerja keluarga
tanpa upah yang membantu dalam suatu usaha/kegiatan ekonomi.
2) Pengangguran,
adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, lengkapnya orang yang tidak bekerja dan masih atau sedang mencari pekerjaan. Pengangguran semacam ini oleh BPS
disebut pengangguran terbuka.
Kelompok
bukan angkatan kerja adalah tenaga kerja atau penduduk dalam usia yang
tidak bekerja, tidak mempunyai pekerjaan dan sedang tidak mencari
pekerjaan, yakni orang, terdiriatas:
a.
Golongan yang bersekolah adalah
mereka yang kegiatannya hanya bersekolah contoh pelajar dan mahasiswa,
b.
Golongan yang mengurus rumah tangga
adalah mereka yang mengurus rumah tanggatanpa
memperoleh upah contoh ibu-ibu bukan wanita karir.
3)Golongan
lain-lain atau penerima pendapatan tapi bukan imbalan langsung atas jasa kerjanya
digolongkan menjadi:
a.
.golongan penerima pendapatan, yaitu
mereka yang tidak melakukan suatu kegiatanekonomi, tetapi memperoleh pendapatan
seperti tunjangan pensiun, bunga atas simpananuang atau sewa atas milik,
b.
golongan mereka yang hidupnya tergantung
dari orang lain, misalnya karena lanjut usia(jompo), cacat atau sakit
kronis.Ketiga golongan dalam kelompok bukan angkatan kerja ini kecuali mereka
yang hidupnyatergantung dari orang lain, sewaktu-waktu dapat menawarkan jasanya
untuk bekerja. Olehsebab itu, kelompok ini sering juga dinamakan sebagai
Potential Labour Force (PLF).Jadi, tenaga kerja mencakup siapa saja yang
dikategorikan sebagai angkatan kerja dan jugamereka yang bukan angkatan kerja,
sedangkan angkatan kerja adalah mereka yang bekerjadan yang tidak bekerja
(pengangguran).Menurut BPS dengan pendekatan pemanfaatan tenaga kerja
menyatakan yang dimaksud penganggur ialah orang yang sama sekali tidak
bekerja dan berusaha mencari pekerjaan. Batasanmenganggur tersebut sama dengan
batasan menurut endekatan angkatan kerja, yakni menganggur terbuka (open
unemployment). Pemilahan penduduk menurut pendekatan ini adalah:
1.
Bekerja penuh, maksudnya tenaga
kerja yangbersangkutan termanfaatkan secara cukup atauoptimal.
2.
Setengah menganggur (under-employed)
maksudnya berkerja namun tenaganya kurang termanfaatkan diukur dari curahan jam
kerja, produktivitas kerja, atau penghasilan yang diperoleh.Kategori setengah
menganggur dibedakan menjadi: Kentara danTidak kentara (disguised
unemployment)
LCD proyektor
Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan
datar seperti tembok, dsb. Proyektor jenis ini merupakan jenis yang lebih modern dan
merupakan teknologi yang dikembangkan dari jenis sebelumnya dengan fungsi sama
yaitu Overhead Projector (OHP) karena pada OHP datanya masih berupa tulisan
pada kertas bening. Proyektor LCD biasanya digunakan untuk menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan, tapi juga bisa
digunakan sebagai aplikasi home theater. Untuk menampilkan gambar, proyektor LCD mengirim cahaya dari lampu halide logam yang diteruskan ke dalam prisma yang mana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu
komponen warna merah, hijau dan biru pada sinyal video. Proyektor LCD berisi panel cermin yang terpisah satu sama lain. Masing-masing panel
terdiri dari dua pelat cermin yang di antara keduanya terdapat liquid crystal.
Ketika terdapat perintah atau instruksi, kristal akan membuka untuk membolehkan cahaya lewat atau menutup untuk mem-block cahaya tersebut Membuka dan menutupnya pixel ini yang bisa membentuk gambar. Lampu yang digunakan pada proyektor LCD adalah lampu halide logam karena menghasilkan suhuwarna yang ideal dan spektrum warna yang luas. Lampu ini juga memiliki kemampuan untuk memproduksi cahaya dalam juga sangat besar dalam area kecil dengan
arus proyektor sekitar 2.000-15.000 ANSI lumens. Indonesia
termasuk salah satu negara tujuan pasar proyektor LCD ini. Berbagai perusahaan proyektor LCD memasarkan produk mereka seperti Sony dan Sanyo.
Produkproyektor LCD yang mereka tawarkan beragam mulai dari yang
hemat energi sampai model terbaru yang lebih kecil dan ringan.
mengidentifikasi fungsi dan jenis surat
A. Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Bentuk Surat
1.
Pengertian surat
surat adalah setiap tulisan yang berisi
pernyataan dari penulisnya dan dibuat dengan tujuan penyampaian informasi
kepada pihak lain. Surat termasuk sebagai alat komunikasi tertulis. Begitu juga
dalam organisasi, surat merupakan salah satu alat komunikasi administrasi
antara sesama pegawai/pejabat baik secara interim maupun dengan pihak luar
secara timbal balik. Lalu lintas persuratan kemudian menimbulkan
kebiasaan-kebiasaan, tata cara, bentuk dan ukuran tertentu, warna kertas, gaya
bahasa, tata kesopanan, etika dan koda etik tertentu yang dalam bahasa
administrasi di sebut tata persatuan.
2.
Fungsi Surat.
a.
sebagai wakil dan pengirim surat (
wakil instansi )
b.
sebagai bahan pembukti;
c.
sebagai pedoman untuk mengambil
tindakan lebih lanjut dari suatu masalah
d.
sebagai alat pengukur kegiatan instansi;
e.
sebagai sarana untuk memperpendek
jarak.
3.
Jenis-Jenis Surat
a.
Menurut Sifatnya
1)
Surat pribadi (prive)
Adalah surat yang ditulis seseorang, isinya menyangkut kepentingan
pribadi.
a)
Macam-macam surat pribadi:
1.
Surat pribadi yang sifatnya
kekeluargaan: surat perkenalan, surat untuk orang tua, kakak, dsb
2.
Surat pribadi yang bersifat
setengah resmi: surat lamaran pekerjaan, surat ijin tidak masuk kerja, surat
ijin tidak masuk sekolah, dsb
b)
Ciri-ciri surat pribadi
1.
Gaya bahasa sangat personal,
bebas, tidak resmi serta boleh menggunakan bahasa sehari-hari
2.
Tidak ada sistematika penyusunan
surat yang baku
3.
Pesan, amanat dan isi surat sangat
beragam. Tergantung mood atau keperluan si pembuat
4.
Tidak memerlukan kop surat dan
aturan penulisan surat resmi lainnya
c)
Manfaat menulis surat pribadi
1.
Pesan dapat tersampaikan meskipun
jarak jauh
2.
Mempererat tali persaudaraan
3.
Sarana latihan menulis efektif
Langganan:
Postingan (Atom)