Sabtu, 23 Februari 2013
Pengertian Dan Konsep Pemasaran
PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN◘ Pengertian pemasaranPemasaran dan
produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaan, pada saat ini
kegiatanpemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha,
kadang-kadangistilah pemasaran ini diartikan sama dengan beberapa istilah,
seperti penjualan, perdagangan,dan distribusi.Pemasaran adalah sistem
keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untukmerencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasayang dapat memuaskan
kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.◘ Penciptaan Faedah
bagi konsumenPemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian dan
membantu dalam penciptaannilai ekonomi, sedangkan nilai ekonomi itu sendiri
akan menentukan harga barang dan jasabagi individu-individu, selain pemasaran
kegiatn lain yang dapat menciptakan nilai ekonomiadalah :Produksi yang membuat
barang-barang.Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut.Faedah
(untility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan
kebutuhan.Perusahaan dapat menciptakn lima macam faedah, yakni :Faedah bentuk
(form untility), diciptakan oleh kegiatn produksi.Faedah waktu (time untility),
diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsumenmembutuhkan untuk
membelinya.Faedah tempat (place untility), merupakan faedah yang diciptakan
dengan menyediakanproduk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin
membelinya.Faedah milik (ownership untility), diciptakan dengan mempersiapkan
pemindahan hak milikdari penjual kepada pembelinya.Faedah informasi
(information untility), diciptakan dengan memberikan informasi tentangpenawaran
suatu produk kepada konsumen.◘ Konsep PemasaranKonsep pemasaran (marketing
concept) merupakan falsafah perusahaan yang menyatakanbahwa pemasaran keinginan
pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidupperusahaan, segala kegiatan
perusahaan di bidang produksi, teknik, keuangan dan pemasarandiarahkan pada
usaha untuk mengetahui keinginan pembeli dan kemudian memuaskankeinginan
tersebut dengan mendapatkan laba.Kosep pemasran adalah sebuah falsafah bisnis
yang menyatakan bahwa pemuas kebutuhankonsumen merupakan syarat ekonomi dan
sosisl bagi kelangsungan hidup perusahaan.◘ Pendekatan Studi PemasaranPemasran
dapat dipelajari dengan mengadakan berbagi macam pendekatan, yaitu :Pendekatan
serba fungsi (functional approach)Pendekatan serba lembaga (institutional
approach)Pendekatan serba barang (commodity approach)Pendekatan serba manajemen
(managerial approach)Pendekatan serba sistem (total system approach)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar