Sabtu, 23 Februari 2013

Pengertian Dan Konsep Pemasaran

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN◘ Pengertian pemasaranPemasaran dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaan, pada saat ini kegiatanpemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, kadang-kadangistilah pemasaran ini diartikan sama dengan beberapa istilah, seperti penjualan, perdagangan,dan distribusi.Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untukmerencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasayang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.◘ Penciptaan Faedah bagi konsumenPemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu dalam penciptaannilai ekonomi, sedangkan nilai ekonomi itu sendiri akan menentukan harga barang dan jasabagi individu-individu, selain pemasaran kegiatn lain yang dapat menciptakan nilai ekonomiadalah :Produksi yang membuat barang-barang.Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut.Faedah (untility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.Perusahaan dapat menciptakn lima macam faedah, yakni :Faedah bentuk (form untility), diciptakan oleh kegiatn produksi.Faedah waktu (time untility), diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsumenmembutuhkan untuk membelinya.Faedah tempat (place untility), merupakan faedah yang diciptakan dengan menyediakanproduk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya.Faedah milik (ownership untility), diciptakan dengan mempersiapkan pemindahan hak milikdari penjual kepada pembelinya.Faedah informasi (information untility), diciptakan dengan memberikan informasi tentangpenawaran suatu produk kepada konsumen.◘ Konsep PemasaranKonsep pemasaran (marketing concept) merupakan falsafah perusahaan yang menyatakanbahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidupperusahaan, segala kegiatan perusahaan di bidang produksi, teknik, keuangan dan pemasarandiarahkan pada usaha untuk mengetahui keinginan pembeli dan kemudian memuaskankeinginan tersebut dengan mendapatkan laba.Kosep pemasran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuas kebutuhankonsumen merupakan syarat ekonomi dan sosisl bagi kelangsungan hidup perusahaan.◘ Pendekatan Studi PemasaranPemasran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagi macam pendekatan, yaitu :Pendekatan serba fungsi (functional approach)Pendekatan serba lembaga (institutional approach)Pendekatan serba barang (commodity approach)Pendekatan serba manajemen (managerial approach)Pendekatan serba sistem (total system approach)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar